Selamat Datang Di Website Resmi Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Daerah Kabupaten Solok Selatan  • 

Rencana Kerja

TELAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN NASIONAL
Salah satu prioritas Program Nasional adalah melaksanakan reformasi birokrasi yang merupakan instrumen kebijakan yang berisi satu atau lebih kegiatan yang dilaksanakan oleh Satuan Perangkat Kerja. Oleh karena itu, pemerintah daerah Kabupaten Solok Selatan dalam hal ini Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, memandang perlu menerapkan di daerah.  

TUJUAN DAN SASARAN RENJA SKPD
Penetapan tujuan dan sasaran didasarkan pada identifikasi factor-faktor kunci keberhasilan (Critical Success Factor) yang ditetapkan setelah penetapan visi dan misi. Penetapan tujuan akan mengarah kepada perumusan sasaran, kebijakan, program dan kegiatan dalam rangka merealisasikan Visi dan Misi. Sedangkan sasaran menggambarkan hal-hal yang ingin dicapai melalui tindakan-tindakan terfokus yang bersifat spesifik, terinci, terukur dan dapat dicapai.

Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya dalam membantu Bupati Solok Selatan melaksanakan penyusunan bahan perumusan kebijakan dan penyelenggaraan kegiatan dibidang keuangan, analisa jabatan dan peningkatan kinerja serta ketata laksanaan dituntut untuk menghasilkan produk-produk yang berkualitas terutama produk berupa rencana organisasi dan ketatalaksanaan. Untuk itu, disusun visi dan misi Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah yang akan dicapai melalui pencapaian tujuan dan pelaksanaan kegiatan utama dan kegiatan pendukungnya. Dalam hal ini, visi dan misi yang disusun harus dikaitkan dengan RPJMD 2010 – 2015. VISI Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Solok Selatan adalah:

Terwujudnya Penyelenggaraan Pendapatan Pengelolaan  Keuangan dan Asset Daerah yang Profesional dan Akuntabel

Untuk mewujudkan visi tersebut diatas, diperlukan tindakan nyata dalam bentuk misi sesuai dengan peran Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Solok Selatan. Tahun 2010 – 2015 misi Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Solok Selatan adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatnya Pelayanan Administrasi Penyelenggaraan Keuangan Daerah.
  2. Meningkatnya Perencanaan Umum Keuangan Daerah yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan publik.
  3. Meningkatnya Penyusunan Anggaran yang sistematis, terstruktur dari komprehensif.
  4. Meningkatkan perencanaan dan pemungutan Pendapatan Daerah yang mendukung kebutuhan Daerah.
  5. Peningkatan Efektifitas, Efisiensi, Transparansi dan Akuntabilitas Perbendaharaan Umum Keuangan Daerah dan Penggunaan Anggaran Daerah.
  6. Peningkatan Pengelolaan Asset Daerah yang efektifitas, efesiensi.

TUJUAN
Tujuan merupakan penjabaran atau Implementasi dari pernyataan visi dan misi yang mengandung makna adalah sesuatu yang ingin dan akan dicapai atau dihasilkan DPPKAD Kabupaten Solok Selatan dalam jangka waktu 5 (Lima) tahun kedepan. Gambaran Tujuan DPPKAD berpedoman kepada tugas pokok dan fungsi, yang secara komprehensif (menyeluruh) menentukan arah strategik dan melakukan perbaikan-perbaikan terhadap hal-hal yang ingin dicapai sesuai dengan tugas pokok dan fungsi tersebut.

Bertolak dari Visi, Misi dan faktor-faktor kunci keberhasilan, DPPKAD Kabupaten Solok Selatan menetapkan tujuan sebagai berikut:

  1. Terselenggaranya pelayanan Administrasi yang mendukung pelaksanaan tugas Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah.
  2. Meningkatnya sarana dan prasarana yang lebih representatif
  3. Terselenggaranya Perencanaan Umum Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah sesuai dengan kebutuhan.
  4. Terselenggaranya sistem penyusunan Anggaran Daerah yang sistematis dan terstruktur.
  5. Terciptanya sistem pengelolaan Pendapatan Daerah yang dapat mendukung kebutuhan Daerah.
  6. Meningkatnya kualitas Sumber Daya Manusia Pengelola Keuangan Daerah, yang profesional, sesuai dengan kualifikasi kebutuhan dan berkomitmen.
  7. Tersedianya sistem informasi Keuangan yang handal.
  8. Meningkatnya Penatausahaan Keuangan Daerah yang sistematis dan terstruktur.
  9. Meningkatnya sistem pengawasan dan pertanggungjawaban keuangan daerah yang transparan dan akuntabel.
  10. Terselenggaranya Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah melalui Sistem Akuntasi Keuangan Daerah.
  11. Terjalinnya koordinasi penyelenggaraan kekuasaaan Umum Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah.

SASARAN
Sasaran merupakan penjabaran dari tujuan secara teratur, yaitu sesuatu yang ingin dicapai atau dihasilkan DPPKAD Kabupaten Solok Selatan dalam jangka waktu 1 (satu) tahun.

Adapun sasaran yang hendak dicapai DPPKAD Kabupaten Solok Selatan dalam jangka waktu 1 (satu) tahun adalah terealisasinya bentuk kegiatan-kegiatan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan untuk 5 (lima) tahun mendatang.

PROGRAM DAN KEGIATAN
Program merupakan kumpulan kegiatan yang sistematis dan terpadu untuk mendapatkan hasil yang dilaksanakan oleh satu dan beberapa instansi pemerintah ataupun dalam rangka kerjasama dengan masyarakat guna mencapai sasaran tertentu.

Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya membantu Bupati Solok Selatan dalam melaksanakan penyusunan bahan perumusan kebijakan dan penyelenggaraan kegiatan dibidang kelembagaan, analisa jabatan dan peningkatan kinerja serta ketata laksanaan dituntut untuk menghasilkan produk-produk yang berkualitas terutama produk berupa rencana organisasi dan Ketatalaksanaan.

Apabila dikaitkan dengan pencapaian Visi dan Misi Kabupaten Solok Selatan, pada dasarnya kegiatan Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Solok Selatan adalah sebagai “Penyelenggara” setiap program pemerintahan dan sistem yang akan memberikan kemudahan bagi SKPD untuk menentukan arah dan sasaran kegiatan, lingkup dan pengukuran tingkat kesuksesannya.

Pimpinan

  Agenda

Sabtu, 05 November 2016
  • Pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) TA 2016

  Pembayaran

  • Bank BRI
  • Bank Nagari
  • SIKD
  • SIMTRADA
  • PANDITA